kekuatan Ekonomi China mengalahkan Jepang

Jepang menyerahkan posisinya sebagai ekonomi terbesar ke dua dunia kepada China pada 2010, karena produk domestik bruto (PDB) mengalami kontraksi pada kuartal empat di tengah menurunnya konsumsi dan juga permintaan konsumen, data menunjukkan, Senin.

PDB tahunan JEpang turun 1,1 persen pada kuartal Oktober-Desember karena berakhirnya subsidi mobil dari penjualan mobil yang tinggi, pajak tembakau baru telah menekan permintaan rokok serta menguatnya yen yang berimbas pada ekspor.

Sementara angka kuartalan mengalahkan ekspektasi analis kontraksi 2,4 persen, menurut poling Dow Jones Newswires yang dilakukan terhadap para ekonom. Ekonomi Jepang tumbuh 3,9 persen pada 2010, data pemerintah menunjukkan, tetapi masih lebih rendah dibanding dengan pertumbuhan China yang cepat, tergeser menjadi ekonomi terbesar ketiga dunia.

Nominal PDB Jepang 5,474 triliun dolar pada 2010 yang kalah dengan PDB China yang mencapai 5,879 triliun dolar, menurut data tersebut. Meski Jepang berhasil keluar dari resesi yang lama pada 2009, namun pemulihan ekonominya masih rentan dengan deflasi, utang publik yang tinggi, melemahnya permintaan domestik, melemahnya ekspor serta menguatnya yen yang semuanya itu mengkhawatirkan para pembuat kebijakan.(Juf/Rep)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s