Pembubaran Ormas Bisa Menjalar ke Pembubaran Parpol

Ada gelagat buruk di balik Kerusuhan berdarah di Cikeusik dan Temanggung. Ada upaya pihak tertentu mengeskalasi karut marut negara dengan menunggangi isu SARA. Pasca dua kerusuhan itu, kondisinya makin tidak kondusif, karena ketidaktegasan pemerintah menangani dua kasus itu justru menumbuhkan sikap saling curiga di tengah masyarakat. Demikian diungkapkan anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo

“Membangun saling curiga antarelemen masyarakat tentang siapa dalang dan pelaku dua kerusuhan itu sangat berbahaya. Negara bisa terperangkap situasi chaos. Karena itu, saya mengimbau seluruh elemen masyarakat cinta damai untuk tidak terprovokasi, sambil terus meningkatkan kewaspadaan, dan mengamati dengan cermat dinamika di ruang publik,” ungkap politisi partai Golkar ini.

Temuan Komnas HAM pasca dua kerusuhan berdarah itu, menurut Bambang, menguatkan dugaan adanya gelagat buruk pihak tertentu. Dua kerusuhan itu direkayasa. Sebab, Ada mobilisasi massa dari luar wilayah Cikeusik dan Temanggung; massa penyerang menggunakan identitas khusus; pembiaran atau ketidakmampuan polisi melakukan tindakan antisipatif; dan massa penyerang diduga menerima imbalan uang.

Kecurigaan sudah telanjur dialamatkan pada Ormas tertentu. Pernyataan presiden pun menguatkan dugaan itu. Tetapi polisi mengatakan belum ada bukti Ormas terlibat dalam dua kerusuhan itu.

Itulah gelagat buruk yang saya maksud. Wajar jika terbangun suasana saling curiga diruang publik saat ini. Apalagi, sempat berkembang isu bahwa setelah isu SARA, target serangan berikutnya partai-partai politik.

Polisi telah menangkap sejumlah tersangka. Tetapi itu saja belum cukup. Terpenting adalah menangkap aktor intelektual dua kerusuhan itu, dan mengganjar mereka dengan hukuman setimpal.

“Jika dalam jangka dekat ini pemerintah tak bisa mengungkap identitas dalang dua kerusuhan berdarah itu, pemerintah pun menjadi pihak yang patut dicurigai. Apalagi, pemerintahan ini dikenal punya kebiasaan mengalihkan isu,” tandasnya.(ach)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s