Eksotisme Karimun Jawa yg Tersembunyi

Anda pernah dengar Pulau Karimun Jawa? Pulau yang terletak di tengah laut Jawa tersebut menyimpan pesona keindahan yang luar biasa.

Banyak cara menuju Karimun Jawa dari Jakarta. Pertama, kami berangkat menggunakan pesawat terbang ke Semarang, Jawa Tengah. Selain lebih cepat, harga tiket pesawat juga relatif tidak terlalu mahal.

Dari Semarang, perjalanan ke Jepara dilanjutkan melalui jalan darat. Waktu tempuh sekitar 3,5 jam, sebelum akhirnya tiba di pelabuhan. Butuh waktu enam jam menuju Karimun Jawa dengan menggunakan Kapal Muria.

Di Karimun Jawa ada 27 pulau. Lima di antaranya berpenghuni. Semuanya adalah lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Satu di antara yang kami kunjungi adalah lokasi penangkaran ikan hiu.

Di sana, pengunjung bukan hanya bisa melihat ikan hiu. Tapi juga turun langsung ke dalam air untuk berenang bersama ikan hiu. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tak terkira.

Selain penangkaran ikan hiu, terdapat juga lokasi penetasan penyu sisik. Dari sini, anak-anak penyu atau biasa disebut tukik dibawa ke tempat penangkaran sebelum dilepas ke alam bebas.

Di Karimun Jawa Anda juga bisa menyisir pantai dengan menggunakan kano. Atau melihat nelayan tradisional setempat berburu ikan baeng. Ikan itu sejenis belut, tapi memiliki ukuran lebih besar dan hidupnya di laut.

Ikan baeng termasuk jenis yang sulit ditangkap. Tak heran bila nelayang banyak yang turun langsung untuk menangkap ikan tersebut. Jika dapat, daging ikan bisa dibuat seperti sate. Bahkan bumbunya memang tidak jauh beda dengan bumbu sate kambing.

Nah, jika Anda masih bingung mencari lokasi untuk berlibur, Pulau Karimun Jawa mungkin bisa menjadi alternatif. Tertarik mencoba?(ach/rmn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s