Menlu Prancis Mundur

Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Michele Alliot-Marie akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya setelah selama berminggu-minggu mendapat kecaman mengenai hubungannya dengan bekas rezim pemerintah Tunisia.

Tetapi dia mengatakan, dia tidak berbuat salah, dan kemudian mengeluarkan kecaman keras terhadap media Prancis.

“Walaupun saya merasa tidak berbuat salah, saya…. sudah memutuskan untuk mundur dari jabatan saya sebagai menteri luar negeri,” tulis Alliot-Marie dalam surat pengunduran dirinya kepada Presiden Nicolas Sarkozy, seperti dikutip kantor berita “AFP” dan dilansir “BBC”.

“Selama beberapa minggu terakhir saya menjadi target serangan politik dan kemudian di media untuk menciptakan kecurigaan, lewat separuh kebenaran dan generalisasi,” tambahnya.

“Selama dua minggu ini kehidupan pribadi keluarga saya mendapat gangguan besar di tangan media tertentu, dan saya tidak bisa menerima sebagian orang menggunakan hal ini untuk membuat orang percaya bahwa masalah ini membuat kebijakan luar negeri Prancis melemah,” katanya.

Alliot-Marie, seorang politisi konservatif veteran, baru menduduki jabatannya di kabinet selama tiga bulan. Presiden Nicolas Sarkozy mengumumkan dia akan digantikan oleh Menteri Pertahanan Alain Juppe.

Alliot-Marie dikecam keras karena pada awalnya menawarkan bantuan Prancis untuk menangkal perlawanan di Tunisia. Media kemudian membeberkan hubungan antara Alliot-Marie dan keluarganya dengan rezim mantan Presien Zine El-Abidine Ben Ali dan bahwa meneruskan liburan Natal di Tunisia selama gerakan perlawanan rakyat berlangsung, yang membuat posisinya semakin susah dipertahankan. [](pro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s