Harga Bensin Eceran Tembus Rp 12 Ribu per Liter

Harga eceran bahan bakar minyak jenis pertamax di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat tembus sebesar Rp12 ribu/liter, karena pasokan BBM di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di kota itu mengalami keterlambatan .

Sales Area Manajer Pertamina Kalbar Ibnu Chouldum di Pontianak, Minggu, mengatakan meski alur muara Sungai Kapuas sudah kembali lancar sejak, Sabtu (5/3) kemarin, namun tanker pengangkut BBM jenis premium tidak bisa masuk ke Pontianak akibat air sungai sedang surut.

“Mudah-mudahan, malam ini air sungai mengalami pasang, sehingga tanker pengakut BBM bisa berlabuh di Depot Siantan,” katanya. Udin salah seorang pemilik kios pengecer mengatakan, pihaknya terpaksa menjual pertamax seharga Rp12 ribu/liter, karena untuk mendapatkan BBM itu butuh antri lebih dari dua jam menggunakan kendaraan roda duanya.
“Apalagi di sejumlah SPBU di Pontianak rata-rata tutup karena kehabisan stok BBM jenis premium maupun pertamax,” ujarnya.

Susi salah seorang petugas SPBU Jeruju Jalan Komodor Yos Sudarso mengatakan, di SPBU tempat ia bekerja sejak, Sabtu (5/3) kemarin tidak mendapat pasokan BBM jenis premium dan pertamax. “Saya tidak tahu kenapa. Saya cuma karyawan, kalau solar ada,” ujarnya.

Ia juga tampak sibuk melayani pertanyaan pemilik sepeda motor yang terlanjur mendorong kendaraannya masuk ke areal SPBU itu. Kios-kios pengecer di kawasan Jalan Kom Yos Soedarso juga banyak yang tutup, malah kebanyakan mereka membaringkan jeriken premium dan pertamax karena telah kosong.

Sales Area Manajer Pertamina Kalbar menambahkan, permintaan BBM jenis pertamax di provinsi itu dalam dua pekan terakhir meningkat lima kali lipat atau dari 20 ton menjadi 100 ton/hari. “Meningkatnya permintaan BBM jenis pertamax karena stok premium di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum cepat habis,” ujarnya.

Ibnu menjelaskan, untuk antisipasi meningkatnya permintaan BBM tidak bersubsidi itu pihaknya telah menambah pasokan BBM jenis pertamax.(ian/ant/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s