Lawan Rezim, PB HMI Dukung Metro TV!

Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) menyatakan dukungannya kepada dan dalam usahanya menegakkan kebebasan pers. HMI-MPO menganggap sikap Sekretaris Kabinet Dipo Alam yang ingin memboikot iklan dan melarang wawancara staf khusus kepresidenan terhadap dan tidak sejalan dengan kebebasan pers.

“Kami prihatin terkati tekanan terhadap media. Media adalah urat nadi demokrasi. Kalau media tidak diberikan kebebasan, demokrasi akan mati pelan-pelan,” ungkap Ketua Pengurus Pusat HMI-MPO Muhammad Chozin Amirullah ketika mengunjungi Kantor Metro TV, Jakarta, Senin (7/3).

Karena itu, HMI-MPO mendukung perjuangan dan dalam membawa kasus dengan Dipo Alam ke ranah hukum. Selain itu, Chozin menyatakan bahwa pihaknya meminta Dipo Alam sebagai pejabat negara meminta maaf kepada kedua media.

“Sebagai masyarakat sipil, kita wajib mengingatkan pejabat negara untuk minta maaf. Minta maaf itu gentleman dan sudah menjadi keniscayaan seorang manusia.,” ujar Chozin.Kemudian,

Chozin menduga sikap yang dilakukan Dipo didorong dari suara atasannya. Menurutnya, sebagai pejabat negara, Dipo Alam memiliki keinginan dari diri sendiri untuk memboikot iklan dan melarang wawancara staf khusus kepresidenan. “Sepertinya di atasnya ada yang mendorong,” cetusnya. dan sebelumnya melaporkan pernyataan Dipo kepada Mabes Polri setelah Dipo tidak menanggapi somasi lewat dari 3×24 jam.

Pernyataan Dipo terkait boikot iklan pemerintah tersebut dinilai telah melanggar pasal 52 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik jo Pasal 51 KUHP dan Pasal 18 ayat 1 Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.(mi/ian/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s