Jika Harga Minyak Terus Melambung, Defisit APBN Bisa Menggunung

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, defisit anggaran bisa bertambah hingga Rp17 triliun apabila harga minyak dunia terus melambung.

“Secara umum walaupun kita lakukan kajian terhadap perubahan-perubahan itu, di APBN ada tambahan Rp10 triliun sampai dengan Rp17 triliun defisit. Tapi tidak membuat APBN kita itu defisitnya lebih dari dua persen,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (8/3).

Pemerintah menurutnya, terus mewaspadai fluktuasi harga minyak dan telah membuat analisis simulasi apabila harga minyak naik tinggi. Simulasi tersebut, lanjut dia, memperhitungkan kenaikan harga minyak mulai dari 90 dolar hingga 100 dolar. Sebagai hasil simulasi, pemerintah menyakini bahwa penambahan defisit masih dapat dipertahankan tidak melebihi angka dua persen.

Menkeu memastikan pemerintah belum berencana untuk melakukan penyesuaian dalam APBN Perubahan dan penyesuaian terhadap harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ia mengatakan, perubahan dalam APBN akan dilakukan apabila benar-benar diperlukan dan untuk saat ini pemerintah akan tetap menjaga anggaran tetap kredibel dan realistis.

“Kalau kondisinya sudah perlu kita melakukan perubahan APBN, kita harus lakukan. Karena kita tidak mau punya APBN tidak kredibel, tidak mau APBN kita dilihat masyarakat sebagai APBN yang tidak realistis. Kita mau menjaga supaya tetap realistis,” ujarnya.

Saat ini, Badan Anggaran DPR dan pemerintah masih menetapkan defisit anggaran tahun 2011 sebesar 1,8 persen dari PDB atau sebesar Rp124,66 triliun. Sementara itu asumsi dasar yang disepakati dalam APBN 2011 untuk pertumbuhan ekonomi sebesar 6,4 persen, laju inflasi 5,3 persen, kurs 9.250 per dolar AS, suku bunga SBI tiga bulan 6,5 persen, harga minyak 80 dolar AS per barel, lifting minyak 970 ribu barel per hari, dan PDB Rp7.019 triliun.(ach/ant/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s