Pemerintah Pusat siapkan dana Keistimewaan untuk Kesultanan Jogjakarta

Seolah untuk membantah tuduhan pemerintah pusat ingin menggerus eksistensi kesultanan Yogyakarta, Jakarta merumuskan ketentuan mengenai pendanaan kesultanan yang dipimpin Sri Sultan HB X dari APBN. Rumusan mengenai hal ini dimasukkan ke dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang DIY dan dananya akan diambilkan dari APBN.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Djohermansyah Djohan menjelaskan urgensi perlunya ada dana yang disebut sebagai dana keistimewaan ini. Dijelaskan, selama ini dana yang disediakan APBD Yogyakarta untuk kesultanan sangat kecil, yakni kurang dari Rp2 miliar setiap tahunnya.

Menurutnya, uang Rp2 miliar itu untuk perawatan saja masih kurang, lantaran kesultanan Yogyakarta tergolong besar. “Dana keistimewaan ini bisa puluhan kali lipat besarnya dari yang sekarang (yang dari APBD, red). Ini tawaran yang belum pernah ada,” terang Djohermansyah Djohan saat sebagai pembicara diskusi bertema Mensinergikan Demokrasi dan Monarki dalam RUU tentang Keistimewaan DIY yang digelar Pokja Wartawan Kemendagri di Bandung, Sabtu (12/3).

Ditanya berapa persisnya dana yang akan digelontorkan, mantan Deputy Setwapres Bidang Politik it belum bisa menyebutkan. Yang jelas, lanjutnya, sesuai dengan kebutuhan, yang nantinya diusulkan oleh Sri Sultan HB X. Dari usulan yang masuk, lantas dikaji oleh tim untuk selanjutnya dianggarkan di APBN.

Dana itu, lanjut Guru Besar Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) itu, dialokasikan untuk kegiatan menjaga eksistensi kesultanan. “Bisa untuk pemerliharaan, misal ada yang bocor-bocor, untuk upacara-upacara adat, untuk seremonial, dan kegiatan-kegiatan adat,” terangnya.

Dia menjamin, meski nantinya konsep gubernur DIY dipilih lewat DPRD seperti tertuang di RUU DIY tidak disepakati DPR, rumusan mengenai dana keistimewaan itu tidak lantas dibatalkan.[]/ (sam/jpnn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s