Yudhoyono ‘Abused Power’, Apa Motif WikiLeaks, Tanya AS!

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Hajrianto Y Thohari menyatakan perlunya diungkap agenda apa yang berada di balik bocoran kawat-kawat diplomatik di situs WikiLeaks. Bocoran itu kemudian dilansir oleh dua media massa Australia, The Age dan Sunday Morning Herald.

“Selama ini berita yang menyangkut tokoh-tokoh negara di WikiLeaks itu kan hanya dimuat di WikiLeaks saja. Tapi ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan adalah dimuat oleh The Age dan Sunday Morning Herald. Ini kan layak untuk dipertanyakan dan digugat,” tukas Hajrianto usai diskusi Polemik Politik Undur-Undur di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/3/2011).

Pernyataan Hajrianto ini senada dengan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKS Mahfudz Siddiq. “Dari PKS merasa ada motif agenda WikiLeaks yang bekerja secara sistematis,” serunya.

Kedua politisi dari Golkar dan PKS itu juga sependapat bocoran berita yang ada di WikiLeaks tidak akurat. “Informasinya sampah. Kalaupun benar, biarkan waktu yang akan menjawabnya,” ujar Mahfudz.

Sedangkan, Hajrianto menilai sumber-sumber dalam pemberitaan itu tidak kredibel. Pasalnya selama ini pergunjingan-pergunjingan yang diambil WikiLeaks itu sifatnya sangat informal. “Menurut saya tidak perlu direspon terlalu sungguh-sungguh,” imbuhnya.

Hajrianto juga menyatakan bocoran yang ada di WikiLeaks dan kemudian dilansir oleh The Age dan Sunday Morning Herald perlu ditindaklanjuti secara serius.

Dua media massa itu memberitakan nama tokoh-tokoh elit bangsa dari sumber yang tidak kredibel. “Kita ingin media massa itu digugat,” pungkasnya.(ian/mi/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s