Aset BUMN Capai Rp 2.500 Triliun, Koruptor Panen Raya..

Akhir tahun 2010 total aset seluruh badan usaha milik negara tercatat Rp 2.500 triliun. Angka tersebut setara dengan 40 persen nilai produk domestik regional bruto Indonesia. Dengan nilai aset sebesar itu, BUMN harus mampu berkiprah banyak bagi pengembangan perekonomian Indonesia.

Hal itu dikemukakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar saat memberikan sambutan dalam perayaan ulang tahun ke-15 PTPN VII di Bandar Lampung, Sabtu (12/3/2011). ”BUMN menjadi kekuatan dahsyat bagi pengembangan ekonomi Indonesia ke depan. Potensinya sungguh luar biasa,” katanya.

Dia mengatakan, tak hanya sisi aset yang potensinya besar, tetapi juga sisi anggaran. Saat ini total perolehan anggaran operasional untuk 141 BUMN per tahun mencapai Rp 1.100 triliun. ”Anggaran sebesar itu tentunya bisa memberikan dampak signifikan bagi percepatan ekonomi,” katanya.

Menurut Mustafa, untuk bisa memaksimalkan peran BUMN, pihaknya telah menyurati semua gubernur untuk membuat laporan keunggulan daerah masing-masing. ”Kalau tiap daerah sudah menginventarisasi keunggulannya, program BUMN yang ada di daerah setempat bisa disinergikan,” tuturnya.

Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, sebanyak 141 BUMN akan dikurangi menjadi 78 BUMN pada 2014. Skenarionya, tahun 2011 jumlah BUMN menjadi 102, tahun 2012 menjadi 91 BUMN, sementara tahun 2013 85 BUMN.[]/(ENY)(KPS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s