Mendukung Angket Pajak, Lily Wahid dan Effendy Choirie dicopot dari DPR RI

Pencopotan dua anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR yakni Lily Wahid dan Effendy Choirie, dinilai menyalahgunakan prosedur. Sebab, banyak hal yang dilanggar Ketua DPR Marzuki Ali.

Menurut keterangan Lily, Marzuki Ali telah mengirimkan surat recall ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanpa menggelar rapat terlebih dahulu dengan pimpinan DPR. Padahal, seyogyanya pimpinan DPR membahas terlebih dahulu masalah tersebut.

“Tadi Priyo (Priyo Budi Santoso) mengatakan kepada saya bahwa selama ini tidak pernah ada rapat pimpinan membahas recall,” kata Lily Wahid kepada okezone, Senin (14/3/2011).

Sementara itu, Effendy Choirie saat dikonfirmasi terpisah meminta kepada pimpinan DPR agar tidak melakukan kucing-kucingan terkait sanksi recall kepada dirinya.

Menurut dia, PKB tidak pernah memberi peringatan terlebih dahulu, tetapi langsung mengeksekusi hukuman pergantian antar waktu (PAW).

“Tak ada peringatan dulu kepada saya. Majelis Tahkim PKB pun tidak pernah mengundang saya. Semua prosedur disalahkan. Nanti malam saya akan rapat dengan pengacara membahas ini,” kata pria yang akrab disapa Gus Choi tersebut.

Dirinya mengaku sudah siap jika harus dipecat sebagai anggota DPR. Sebab, dirinya merasa tidak berbuat salah dan hanya menjadi korban politik bagi petinggi partai dalam hal ini Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Saya tidak anti-PAW. Saya tahu Imin marah usai paripurna, mungkin dia sudah ada deal dengan SBY. Saya juga mendapat cerita dari Priyo,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Lily dan Effendy terancam dihukum PKB karena membelot dalam menyikapi Hak Angket Mafia Pajak. Saat PKB menolak angket tersebut, keduanya justru malah mendukung. Bahkan, “pembangkangan” serupa juga pernah terjadi dalam Angket Century.[]/(teb)(OZ)

Leave a Reply

