Sekitar 43 Persen Cuaca Dipengaruhi Pemanasan Global

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan hampir 43 persen cuaca sekarang dipengaruhi pemanasan global. Selebihnya faktor alam seperti La Nina dan El Nino.

“Perubahan iklim disebabkan faktor manusia bercampur dengan faktor alam yaitu El Nino dan La Nina yang semakin intensif,” terang Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian, Senin (14/3).

Berdasarkan data sejak 1953 sampai saat ini, akibat dinamika iklim terjadi cuaca ekstrem di Tanah Air.

“Penyebabnya sederhana. Ada gas rumah kaca menyerap radiasi, sehingga atmosfer memanas, energi yang terserap ini berubah bentuk apakah memanas atau menjadi energi gerak seperti siklon, badai, puting beliung,” tutur dia.

Ada juga yang berubah menjadi energi potensial, seperti hujan es yang semakin sering terjadi. Kondisi itu, menurutnya, hanya unsur iklim angin suhu, kelembaban, hujan berpadu dengan pemanasan global.

“Maka sekarang sering terjadi puting beliung, hujan es, badai dan sebagainya karena faktor iklim yang bertemu dengan pemanasan global,” terus Edvin.

Letak Indonesia di antara dua samudera menyebabkan perubahan iklim dipengaruhi La Nina dan El Nino serta pemanasan permukaan air laut.

Pemanasan global disebabkan perbuatan manusia. Misalnya penebangan hutan, polusi kendaraan bermotor, maupun pabrik yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Dampak pemanasan global tersebut telah menyebabkan perubahan iklim seperti mencairnya es di Kutub Utara. Hasilnya, permukaan laut naik dan mengancam menenggelamkan pulau-pulau kecil. (Ant/mtr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s