Takut Dengan Wikileaks, Istana Batal Gugat 2 Media Australia

BOGOR- Pada Jumat 11 maret 2011 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudoyono diterpa oleh berita miring yang dikeluarkan dua surat kabar harian Australia. Bahkan Ibu Ani Yudhoyono sempat menangis membaca koran tersebut.

Bertubi-tubi bantahan disampaikan oleh menteri di kabinet Indonesia bersatu jilid II. Sebagian menyebutkan bahwa kedua media tersebut tidak mengerti standar jurnalistik Internasional.

Namun hari ini melalui juru bicara kepresidenan, Julian Aldrin Pasha mengatakan bahwa kedua koran tersebut cover bothside.

“Tapi bagaimanapun penjelasan di dua surat kabar, apa yang telah disampaikan pernyataan resmi pemerintah Amerika Serikat melalui dubesnya lalu itu dimuat. Itu menunjukkan mereka masih membuka ruang cover bothside sebagaimana yang memang hal yang seharusnya dilakukan kode etik jurnalistik. Oleh karena itu presiden mengatakan tidak perlu diperpanjang lagi karena kita banyak tugas-tugas penting,” katanya di Istana Bogor, Senin, (14/3/2011).

Tapi, lanjutnya, sekali lagi tentunya hal ini disadari bahwa itu merupakan nama baik seseorang tidak bisa dibenarkan juga.

“Apalagi itu menyangkut nama baik seorang kepala negara,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah akan menggugat?

“Saya kira sudah cukup jelas, apa yang mereka akui lewat Dubes Amerika di Jakarta, bahwa memang telah ada klarifikasi sampai sejauh ini tidak ada langkah secara hukum karena ini telah membuat clear. Mereka telah menyampaikan pula secara resmi bukan surat kabarnya tapi mereka mengangkat berita, dimana pengakuan itu membantah tuduhan yang tidak benar,” tutupnya.[]/(ugo)(oz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s