Reaktor Nuklir Jepang Terbakar Lagi, Radiasi Meluas

Kebakaran, yang melanda pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-ichi nomor empat, Rabu (16/3) pagi ini harus secepatnya ditangani Jepang sebelum memicu terjadinya bencana yang lebih dahsyat. Pasalnya, kebakaran itu membawa radiasi ke Tokyo, yang bisa mendorong sejumlah orang meninggalkan Ibu Kota dan memicu meningkatkan kekhawatiran krisis internasional.

Operator yang menangani kerusakan PLTN akibat gempa itu mengatakan pekerja mencoba untuk memadamkan api di gedung tempat reaktor nomor 4 di fasilitas nuklir Fukushima, 240 kilo meter sebelah utara Tokyo.

Para ahli mengatakan, menghabiskan batang bahan bakar dalam kolam pendingin di reaktor, yang dapat terpapar oleh api dan mengeluarkan lebih banyak radiasi ke atmosfer. Badan Keselamatan Industri dan Nuklir Jepang sendiri mengatakan, ada dua pekerja pembangkit listrik hilang setelah terjadi ledakan.

Yukiya Amano, Direktur Badan Energi Atom Internasional mengatakan, pihaknya ingin informasi yang lebih tepat waktu dan rinci. “Kami tidak punya informasi rinci sehingga apa yang bisa kami lakukan terbatas. Saya berusaha untuk lebih meningkatkan komunikasi” ujar Amano dalam konferensi pers di Viennm.

Departemen Energi Amerika Serikat mengatakan, pihaknya telah mengirim tim yang terdiri atas 34 orang untuk membantu krisis nuklir di Jepang.[](SM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s