Saham-Saham di Wall Street Jatuh akibat Nuklir Jepang

Tiga indeks saham Amerika Serikat (AS) lagi-lagi kompak melemah lantaran ancaman nuklir di Jepang pascatsunami ternyata masih berlanjut.

Dow Jones kembali mendekati level terendah di tahun 2010 di tengah tingginya volume perdagangan yang terjadi. Hal ini tampaknya mengindikasikan pasar bakal terus menguat dalam jangka pendek ini.

The VIX melonjak 21 persen, itu merupakan terbesar sejak 22 Februari. Berakhir di 29,31, indeks yang mewakili rasa takut investor ini naik lebih dari 46 persen minggu ini. Dan selama perdagangan Rabu sempat melonggar ke 30.

“Isu sekarang in bergerak cepat, jadi aku memberitahu orang bahwa pasar overcommit sekarang ini,” jelas analis PFG Best Phil Flynn seperti dikutip dari Reuters.

Pasar saham jatuh setelah komisaris energi Uni Eropa mengatakan, pada jam-jam selanjutnya mungkin akan ada kejadian bencana lebih lanjut, yang dapat menimbulkan ancaman bagi kehidupan orang di Jepang.

Ketidakpastian tentang Jepang melaju investor untuk mencari aset yang lebih aman seperti obligasi. Lebih dari tiga saham turun untuk setiap orang yang naik di New York Stock Exchange sedangkan lebih dari dua-pertiga perusahaan Nasdaq jatuh.

Volume perdagangan di New York Stock Exchange, American Stock Exchange dan Nasdaq sebanyak 11,1 miliar saham, naik tajam atas rata-rata harian tahun lalu 8,47 miliar.

Pada penutupan perdagangan Rabu (16/3/2011), Dow Jones Industrial turun 242,12 poin atau 2,04 persen ke 11.613,30. Indeks Standard & Poor’s 500 turun 24,99 poin atau 1,95 persen menjadi 1.256,88. Dan Nasdaq Composite Index turun 50,51 poin atau 1,89 persen pada 2.616,82.(wdi/0Z))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s