Sri Sultan Cemaskan AIDS yang Mengancam masa depan Bangsa

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Masalah AIDS (HIV) bukan saja menjadi masalah keluarga, namun menjadi masalah masa depan bangsa dan negara, oleh karena itu untuk penanganannya membuntuhkan konsistensi kita semua tidak hanya petugas dari kesahatan atau lembaga yang menangani HIV Aids tersebut.

Hal tersebut di lontarkan ketika menerima Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) yang dipimpin Nafsiah Mboi yang di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Ichsanuri, Ketua KPAD DIY Riswanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY Dr. Sarminto, Senin 14 Maret 2011 di Gedung Willis, Kepatihan, Yogyakarta.

Tujuan dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) menghadap Gubernur DIY menurut Nafisah Mboi dalam rangka kulonuwun, mohon izin , melaporkan dan memohon kesediaan Sri Sultan untuk membuka pertemuan Nasional AIDS Tingkat Nasional di Yogyakarta yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 6 Oktober 2011 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut tandas Sultan diperlukan komitmen dan kosistensi bagi para pihak yang berkepentingan, karena daerah-daerah terlarang tempat mangkal PSK salah satu penyebab HIV AIDS ditutuppun tidak menyelesaikan masalah, sehingga untuk penanganan AIDS ini juga menjadi tantangan tersendiri.

Lebih lanjut Gubernur DIY mengatakan bahwa tantangan HIV AIDS dan termasuk didalamnya penyalahgunaan Napza merupakan tantangan berat bagi bangsa dan negara ini, oleh karena itu menurut gubernur DIY penanganannya pun juga berat, sebab juga berbeda dengan penananganan perjudian atau yang lain. Kalau jugi kalau kita tidak dating kuta tak akan tertular, tetapi kalau HIV Aids atau Napza kuta dirumahpun kita didatangi.[](Setyawan/b2))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s