Studi Banding Komisi XI DPR ke Luar Negeri Hanya Jalan-jalan Doang, Dasar Bebal!

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menilai rencana Komisi XI DPR melakukan studi banding ke Inggris dan Amerika Serikat sesungguhnya tidak berkaitan dengan urgensi kebutuhan RUU Akuntan Publik. Pasalnya, RUU tersebut saat ini tinggal menunggu tahapan harmonisasi antara DPR dan pemerintah.

Menurut Sekretaris Jenderal Fitra Yuna Farhan studi banding dilakukan hanya dalam rangka menghabiskan jatah yang memang sudah diatur sebelumnya.

Sejak awal itu memang sudah ada jatahnya, untuk jalan-jalan. Istilahnya imbalan karena sudah mengerjakan RUU tersebut,” ujar Yuna di Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Menurutnya, model-model studi banding yang dilakukan selama ini memang cenderung menghabiskan anggaran saja, tanpa ada urgensi yang jelas terhadap proses legislasi. Untuk uang saku saja, menurut Yuna, akan menghabiskan sekitar Rp20 juta per orang selama enam hari. Padahal, pimpinan DPR mengatakan akan membatasi anggaran yang dapat menyebabkan pemborosan.

Hal senada disampaikan Ronald Rofriandri, Direktur PSHK. Ia menilai studi banding terkait menunjang proses legislasi, seringkali minim makna dan hasil yang signifikan. Sepanjang 2009 hingga 2010, tercatat delapan kali studi banding ke sembilan negara tujuan yang telah dilakukan DPR. Sementara sejak 2010 hingga Agustus 2011, ada tujuh studi banding ke tujuh negara.

Menurut PSHK, sebagian besar studi banding dikaitkan dengan kepentingan pembahasan RUU. Namun, belum ada metode yang memastikan hasil studi banding itu dimasukkan dalam proses legislasi. Praktik studi banding, dinilai tidak memiliki daya ukur kebutuhan serta strategi penggunaan untuk peningkatan kualitas legislasi.(ian/mi/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s