Yudhoyono ‘Abused Power’, Petisi 28 Desak DPR Usut Korupsi Keluarga SBY

Aktivis Petisi 28 mendesak Komisi I DPR RI menindaklanjuti pemberitaan soal data korupsi dan penyalagunaan kekuasaan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti yang diberitakan oleh surat kabar Australia, Data tersebut membuktikan bahwa episentrum korupsi terdapat pada SBY dan keluarga Cikeas.

“Data tersebut bukan data sampah. Data tersebut berasal dari bocoran kawat diplomatik. Itu berarti betul,” ujar aktivis Petisi 28, Haris Rusli, di gedung DPR RI, Kamis (17/3).

Selain itu, Petisi 28 mendesak Komisi I untuk memanggil Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk menjelaskan alasan data penting yang dianggap rahasia bisa bocor. Pemanggilan Dubes AS menjadi awal dari penyelidikan untuk menindaklanjuti korupsi dan penyalagunaan wewenang oleh SBY dan keluarga Cikeas.

Petisi 28 juga mengusulkan untuk membentuk Komite Khusus Independen (KKI) untuk mencari fakta korupsi dan penyalagunaan wewenang oleh keluarga SBY. Pembentukan KKI adalah langkah tepat sebagai jawaban dari mati surinya seluruh institusi penegak hukum di Indonesia

“KKI harus berasal dari luar lingkaran SBY,” ujar haris.

Haris juga menilai, bocornya data diplomatik tersebut merupakan bentuk kegagalan pemerintah menjaga rahasia negara. Negara sudah tidak lagi steril karena intervensi asing sudah masuk hingga ke dapur pemerintahan Indonesia.

“SBY gagal menjaga benteng yang paling rahasia dari negara kita,” ujarnya.Anggota Komisi I Fayakun Andriadi mengatakan Komisi I DPR dalam waktu dekat akan memanggil Menteri Luar Negeri, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) serta Lembaga Sandi Negara untuk memberikan penjelasan terkait bocoran yang dimuat oleh dua media Australia.

“Saya sebagai anggota Komisi I sudah melangkah lebih jauh, tak hanya minta klarifikasi dubes AS. Kami sudah panggil Menlu tapi sedang di luar. Kami panggil Kepala BIN, dan Lembaga Sandi Negara, juga Panglima TNI bersama Dan Paspampres,” kata anggota DPR dari Fraksi PKS tersebut.

Lebih lanjut, Fayakun menjelaskan, pemanggilan pihak terkait tersebut penting agar negara ini benar-benar menjadi negara steril dan bebas dari intervensi luar negeri.

Dia menilai, bocornya data rahasia soal SBY tidak hanya bertujuan menyerang SBY semata tapi hendak merobohkan sendi kehidupan bangsa Indonesia. “Kami akan tindaklanjuti laporan dan aduan Petisi 28 ini. Ini penting agar Indonesia steril,” tegasnya.(mi/ian/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s