Korban Tewas Bencana Jepang mendekati 20.000 Jiwa

Jumlah korban yang telah dikonfirmasikan sebagai tewas atau hilang telah mendekati 20.000 jiwa pada hari Sabtu atau delapan hari setelah gempa dan serangan tsunami melanda Jepang.

Ada kekhawatiran bahwa korban tewas jauh lebih tinggi akibat bencana yang memusnahkan tempat-tempat permukiman besar di pantai Pasifik di pulau Honshu utara.

Badan Kepolisian Nasional mengatakan 7.653 orang telah dipastikan tewas dan 11.746 i hilang — seluruhnya 19.399 — sampai pukul 23 waktu setempat (pukul 21 WIB) Sabtu.

Korban tewas itu sekarang telah jauh melewati jumlah korban gempa berkekuatan 7,2 pada Skala Richter yang menghantam kota pelabuhan Kobe di Jepang barat pada 1995, yang menewaskan sebanyak 6.434 orang.

Gempa berkekuatan 9,0 pada Skala Rihter 11 Maret lalu sekarang menjadi bencana alam paling mematikan di Jepang sejak gempa Great Kanto 1923, yang menewaskan lebih dari 142.000 orang.

Walikota kota pantai Ishinomaki di prefektur Miyagi mengatakam, Rabu, bahwa jumlah orang yang hilang dapat mencapai 10.000 orang.

Pada Sabtu badan siaran publik NHK mengatakan bahwa sekitar 10.000 orang telah hilang di kota pelabuhan Minamisanriku di prefektur Miyagi.[](ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s