Mahasiswa Bakar Pasar Menyambut Megawati

MALANG: Rencana modernisasi pasar tradisional di Kota Malang tak hanya mendapat perlawanan dari pedagang pasar. Sabtu (19/3), puluhan aktivis Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) menggelar aksi turun ke jalan menentang kebijakan ini.

Dalam aksi demonstrasi yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, mahasiswa tak hanya menyuarakan tuntutan kepada pemkot. Para mahasiswa sempat melakukan adegan teatrikal yang diakhiri dengan pembakaran site plan pasar modern yang diwacanakan pemkot.

Menurut Presiden EM UB, Arief Budi Laksono aksi turun ke jalan ini dilatarbelakangi kekecewaan mahasiswa terhadap kebijakan pemkot. Arief menyebut, langkah pemkot yang memilih untuk memodernisasi pasar terang-terangan menunjukkan sikap pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat kecil.

”Dari hasil kajian kritis yang kami ambil setelah berdiskusi dengan pedagang pasar, kami berkesimpulan kebijakan ini sangat tidak pro dengan rakyat kecil. Harusnya, pasar yang ada cukup dibenahi agar lebih rapi, bukan malah dihancurkan,” ujar Arief.

Mahasiswa juga mengeluhkan sikap Walikota Malang Peni Suparto yang tak pernah berdialog dengan pedagang pasar. Untuk itu, para aktivis dari berbagai fakultas di UB ini mendesak agar Peni mau melakukan dialog terbuka.

Arief sendiri mengakui, aksi demo kemarin sengaja diadakan untuk menyambut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang dijadwalkan berkunjung ke Malang, Minggu (20/3) hari ini. Alasannya, menurut Arief, kebijakan modernisasi pasar mendapat persetujuan dari Peni Suparto yang notabene merupakan kader PDIP.

”Pimpinan pusat PDIP harusnya meninjau kembali kebijakan tidak pro rakyat yang berasal dari kadernya sendiri. Kalau itu dilakukan, maka bisa jadi pembuktian kalau PDIP masih peka dengan derita wong cilik,” urainya.[](ab/SRY)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s