Mantan Presiden Terlibat Pembunuhan Jurnalis

Pemerintah Ukraina dilaporkan kembali membuka file kasus pembunuhan sadis, pada Selasa (22/3), yang diduga melibatkan mantan Presiden Leonid Kuchma. Mantan penguasa Ukraina ini diduga terlibat atas pemenggalan kepala seorang wartawan bernama Georgy Gongadze tahun 2000 silam. Kasus pembunuhan ini menjadi peristiwa kejahatan paling mengejutkan dalam sejarah pasca-Soviet.

Seperti dikutip AFP, Selasa (22/3), pengumuman tersebut dibuat oleh jaksa pengadilan Ukraina setelah bertahun-tahun menghadapi tekanan dari oposisi anti-Kuchma, yang mendesak agar mantan presiden itu segera diadili atas tuduhan pembunuhan brutal seorang wartawan kritis sekaligus pendiri situs berita Pravda Ukrainska.

“Sebuah kasus kriminal kembali dibuka terhadap Leonid Kuchma. Ada petunjuk yang mengarah pada keterlibatan Kuchma dalam pembunuhan Georgy Gongadze. Kuchma dilarang keras untuk meninggalkan Ukraina selama investigasi kriminal ini,” kata wakil penuntut umum Renat Kuzmin kepada wartawan.

Pihak perwakilan kantor Kuchma juga menegaskan mantan pemimpin nomor satu tersebut akan muncul di kantor kejaksaan untuk diinterogasi pada Rabu (23/3) ini, namun menolak berkomentar untuk menjawab pertanyaan lainnya yang mengenai kasus pembunuhan tersebut.

Setelah ditekan berulang kali oleh wartawan, pihak jaksa akhirnya mengatakan Kuchma telah dicurigai secara pribadi yang mendalangi pembunuhan itu. Jaksa juga menambahkan, “Kuchma juga diduga telah melakukan penyalahgunaan kekuasaan dan memberikan perintah ilegal kepada karyawan kementerian dalam negeri yang menyebabkan kematian wartawan itu”.

Oposisi anti-Kuchma pada waktu itu juga sudah menyatakan bahwa mantan Presiden Kuchma terlibat dalam kejahatan ini, serta menunjukkan bukti sebuah kaset yang ditemukan pada tahun 2000 di mana terdengar suara diduga milik Kuchma dan mantan menteri dalam negeri Yury Kravchenko yang tengah membicarakan mengenai penyingkiran Gongadze.[](Vin/lip6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s