Bupati Sumbawa Tutup Tambang PT Newmont

Taliwang, Sumbawa barat, NTB: Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendukung sikap bupati yang akan menutup operasional tambang Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang berada kawasan Batu Hijau.

“Seluruh rakyat KSB mendukung sikap Bupati. Bahkan kalau Bupati tidak mau menutuip operasional tambang Newmont di Batu Hijau, maka trakyat yang akan menutup tambang itu,” kata Iman S, seorang warga masyarakat KSB.

Menurutnya, sudah berkali-kali komponen masyarakat KSB bertemu untuk membicarakan rencana penutupan tambang di Batu Hijau itu. Ia mengatakan, kalau kemudian Bupati yang ambil alih untuk menutup operasional tambang itu, maka sesungguhnya Bupati telah menyelamatkan PT NNT. “Kalau rakyat yang bertindak akan lain ceritanya,” katanya.

Bupati Sumbawa Barat mengancam menutup operasional tambang PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di daerah itu, jika Menteri Keuangan (Menkeu) tak memberi hak pembelian 7% saham divestasi Newmont pada pemda. Siapa yang akan membeli 7% saham Newmont akan ditetapkan Menkeu, 18 Maret 2011.

“Begitu Menteri Keuangan mengumumkan bukan kita (Pemda Sumbawa Barat) yang diberikan hak pembelian, Bupati akan menerbitkan SK untuk menutup kegiatan penambangan di Batu Hijau,” kata jurubicara Pemkab Sumbawa Barat Najamuddin Amy, Selasa 15 Maret 2011.

Sebanyak 7% saham yang ingin dibeli Sumbawa Barat itu adalah saham terakhir yang wajib didivestasikan Newmont. Pemerintah pusat sudah menyatakan tidak berminat untuk membeli saham yang dilepas dalam skema divestasi jatah 2010 itu.

Pemkab Sumbawa Barat ingin membeli 7% saham Newmont itu, untuk melengkapi kepemilikan 24% saham yang telah diperoleh Maret 2010. Sebanyak 24% saham itu dimiliki Sumbawa Barat bersama Pemprov NTB dan Pemkab Sumbawa melalui perusahaan daerah PT Daerah Maju Bersaing (DMB).

DMB menggandeng Multicapital, anak usaha Bumi Resources, salah satu perusahaan Group Bakrie sebagai pemodal. Dalam eksekusi, keduanya membentuk perusahaan patungan, PT Multi Daerah Bersaing.

Menurut Najamuddin, dalam SK Bupati nanti, Pemkab Sumbawa Barat akan memberi tenggat waktu sebulan. Jika sebulan Menkeu tetap tidak memberikan hak pembelian tersebut kepada daerah, Pemda Sumbawa Barat akan merealisasikan penutupan operasional tambang Newmont di Batu Hijau.

Menurut Najamuddin, aksi penutupan bukan untuk menyerang Newmont selaku operator tambang di Batu Hijau. Melainkan untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

“Satu-satunya jalan yang paling efektif adalah membekukan seluruh aktivitas perusahaan di daerah. Kami juga akan menyampaikan pemberitahuan kepada manajemen Newmont kalau memang hal ini akan kita lakukan, bersamaan dengan penerbitan SK nantinya,” ujarnya.

Pemkab Sumbawa Barat ingin sendirian membeli 7% saham 2010. Pemkab telah menunjuk PT Titan Metals, sebagai mitra yang memodali. Sebesar 7% saham itu senilai US$ 271,6 juta atau setara Rp 2,4 triliun.

Sebagai daerah penghasil, Sumbawa Barat menyatakan paling berhak membeli 7% saham Newmont itu. Pemkab juga menyatakan tak akan meninggalkan Pemprov NTB dan Pemkab Sumbawa.

Sesuai kontrak karya, pemegang saham asing NNT diwajibkan mendivestasikan 51% saham asingnya yang berjumlah 80% itu ke pihak nasional dengan jadwal paling akhir seharusnya Maret 2010. Sebanyak 20% sudah dikuasai nasional melalui Pukuafu, sehingga NNT mesti mendivestasikan 31% sisanya.

Jadwal divestasi 31% saham NNT sesuai kontrak karya adalah 3% Maret 2006, 7% Maret 2007, 7% Maret 2008, 7% Maret 2009, dan 7% Maret 2010. Namun semua jadwal divestasi itu mundur, dan kini tersisa 7% saham untuk jatah divestasi tahun 2010.

PT Multi Daerah Bersaing (MDB) sudah menguasai 24% saham divestasi dan berniat memiliki 7% divestasi 2010 sisanya. MDB merupakan perusahaan patungan PT Daerah Maju Bersama (DMB) dengan PT Multicapital, yang merupakan anak usaha Grup Bakrie. Sementara, DMB merupakan BUMD milik tiga pemda, yakni Pemda Sumbawa, Pemda Sumbawa Barat, dan Pemda NTB. Sebanyak 20% saham berada di PT Pukuafu Indah (PI)>[](B2))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s