Wisatawan Yogyakarta Turun 60% akibat Tsunami Jepang

Gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang, mengakibatkan tingkat kunjungan wisatawan dari Jepang ke Yogyakarta turun 60 persen. Padahal sebelumnya, tingkat kunjungan wisatawan asal negara Matahari Terbit cukup tinggi, utamnya sebelum terjadi musibah yang meluluhlantakkan sebagian negara tersebut.

Edi Prabowo, pemilik Garuda Tour and Travel mengatakan, sebelum kejadian gempa dan stunami kunjungan wisatawan Jepang jumlahnya mencapai 300-400 orang, namun pasca gempa kunjungan wisatawan hanya mencapai 100-150 wisatawan.

Pada bulan April mendatang, kata dia, masih ada sekitar 150 wisatawan dari Jepang yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan belum membatalkan perjalanannya. Berdasarkan jadwal yang ada, wisatawan asal Jepang ini akan mengunjungi Jateng dan Yogyakarta.

Menurut Wowok, panggilan akrab Edi Prabowo, diperkirakan tingkat kunjungan wisatawan dari Jepang akan terus mengalami penurunan apalagi pasca kejadian gempa bumi serta tsunami yang diperparah dengan adanya ancaman radiasi nuklir.

“Saya memprediksi kunjungan wisatawan Jepang akan terus menurun hingga 6 bulan ke depan” kata Wowok yang juga anggota DPRD Bantul dari Partai Demokrat tersebut.

Dia menyatakan, wisatawan yang datang ke Jateng dan Yogyakarta lebih banyak datang dari Kota Tokyo, Nagoya dan Osaka. “Meski kota tersebut tidak secara langsung terkena tsunami, namun dipastikan mendapatkan dampak dari kejadian gempa dan tsunami sehingga memilih untuk tidak melakukan wisatawan ke luar negeri,” ujarnya.

Sementara Ketua Badan Promosi dan Pariwisata Kota Yogyakarta Deddy Pranowo Eryono menyatakan, pasca kejadian gempa dan tsunami dipastikan ada penurunan jumlah kunjungan wisatawan dari Jepang ke Yogyakarta. “Yang terlihat saat ini banyak wisatawan dari Jepang yang memperpendek kunjungannya ke Yogyakarta dan kembali ke Jepang,” katanya.

Lebih lanjut Deddy menyatakan, wisatawan dari Jepang yang datang ke Yogyakarta didominasi dari kota Tokyo dan Osaka. Meski kedua kota tidak secara langsung terkena tsunami, namun tetap saja berimbas pada menurunnya jumlah wisatawan ke Yogyakarta.

Yang jelas, kata dia, musibah tersebut secara tidak langsung tetap akan membawa dampak bagi kunjungan wisatawan asal Jepang yang hendak ke Jateng maupun Yogyakarta.(yus/CN/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s