Eksplorasi Pertambangan PT Newmont di Sumbawa

Perusahaan penambangan mineral, PT Newmont Nusa Tengara, pada 2011 memulai kegiatan eksplorasi di wilayah Elang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan mengalokasikan dana hingga US$8 juta atau sekitar Rp70,5 miliar.

Wilayah eksplorasi Elang masih satu pulau dengan lokasi penambangan mineral Newmont di Batu Hijau, Sumbawa Barat yang sudah berproduksi sejak 2000, kata Senior Manager External Relation PT NNT, Arif Perdanakusumah dalam lokakarya wartawan tambang di Bogor, Jumat (25/3) malam.

Biaya tersebut, lanjut Arif hanya untuk kebutuhan selama 2011 saja. “Untuk tahun berikutnya tergantung pada keberhasilan eksplorasi pada 2011. Diperkirakan kegiatan eksplorasi tersebut bisa berlangsung hingga 2016 atau 2017,” tambah Arif.

Mengenai dana yang dibutuhkan untuk investasi proyek, ia belum bisa memastikan mengingat kegiatan eksplorasinya masih dalam tahap awal.

Meski begitu, Arif memberikan perkiraan umum bahwa saat PT NNT memulai proyek penambangan mineral di Batu Hijau pada 1997, dana yang digelontorkan mencapai US$2 miliar atau sekitar Rp17,6 triliun.

Angka tersebut, menurut dia, masih sangat mungkin berubah mengingat perbedaan waktunya sudah hampir 15 tahun.

“Dari pengalaman Newmont membangun proyek penambangan di Boddington, Australia Barat, belum lama ini dengan skala yang sama dengan Batu Hijau, kebutuhan investasinya sudah lebih tinggi hingga mencapai US$3 miliar,” ungkapnya.

Arif Perdanakusumah menegaskan kegiatan eksplorasi di wilayah Elang itu akan tetap berjalan sesuai rencana meskipun saat ini berlangsung proses pengalihan saham (divestasi) PT NNT.

Proses divestasi tersebut, kata Arif, dijamin tidak akan mengganggu rencana pengembangan eksplorasi walaupun nantinya selesai divestasi Newmont tidak lagi menjadi pemilik saham mayoritas di PT NNT.

“Perbedaannya adalah setelah divestasi PT NNT akan mencari pendanaan sendiri untuk pembiayaan investasinya. Jadi akan lebih mandiri,” kata Arif.

PT NNT melalui tambang Batu Hijau pada 2010 memproduksi 364.000 ounce emas. Sedangkan produksi tembaga yang dihasilkan pada 2010 mencapai 269 juta pound. [](Ant/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s