Indosiar di Akuisisi

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegaskan rencana akuisisi PT Indosiar Karya Media Tbk yang dilakukan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk selaku induk usaha PT Surya Citra Media Tbk, dapat mengakibatkan pemusatan kepemilikan lembaga penyiaran.

“Tidak boleh terjadinya pemusatan kepemilikan. Kalau akuisisi atau merger Indosiar dan SCTV itu terjadi berpeluang terjadinya pemusatan lembaga penyiaran,” kata Ketua KPI Dadang Rahmat Hidayat, di Jakarta, Senin (28/3).

Dadang menjelaskan, KPI sudah melakukan kajian yang hasilnya dalam beberapa waktu ini sudah disampaikan oleh Anggota KPI Muhammad Riyanto. Ia mengatakan pandangan KPI atas rencana akuisisi tersebut bakal diumumkan kepada publik dan diserahkan kepada pihak terkait, seperti Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), termasuk EMTK, Indosiar dan SCTV.

“Ya tentu pasti akan kami sampaikan kepada publik dan pihak terkait. Kami akan berikan pandangan secara formal. Kami juga mengkoordinasikannya kepada KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha),” katanya.

Dadang juga mengatakan akuisisi ini berpotensi monopoli lembaga penyiaran oleh perusahaan yang terkait tersebut. Pasalnya, meskipun UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran melarang pemusatan kepemilikan lembaga penyiaran, tetapi tidak secara tegas KPI diberikan otoritas untuk melarang hal tersebut.

“Artinya, disini ada pandangan kewenangan itu ada di Kementerian. KPI lebih kepada menyampaikan bagaimana pandangan kami,” jelasnya.

Dadang berharap status KPI diperjelas terhadap aksi korporasi perusahaan atau lembaga penyiaran seperti akusisi dan merger. “Sudah saatnya kewenangan KPI dikaji kembali terkait hal itu dipertajam,” harapnya.

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), induk usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), pemilik stasiun televisi SCTV, berencana mengambil alih 27,24 persen saham PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM), pemilik stasiun televisi Indosiar dari pemegang sahamnya PT Prima Visualindo.

Undang Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Swasta melarang monopoli dan penguasaan informasi pada satu orang atau perusahaan.[]9(ant/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s