Situs Gunung Padang Cianjur Diproteksi

Bandung – Situs Megalith Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur memiliki nilai sejarah peradaban berisi susunan batu-batu vulkanik besar. Karena itu, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf menamakannya Galaxy Stone Complex.

“Kalau dilihat tata ruangnya, orang-orang megalith membangun area ini sebagai perhitungan lintasan langit, termasuk kalender peradaban. Mungkin akan menjadi kompleks galaksi, sehingga saya namakan ruang ini sebagai Galaxy Stone Complex,'” kata Dede Yusuf saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (30/3/2011).

Menurut Dede, kawasan yang berasal dari zaman batu besar (megalitikum) ini memiliki luas sekitar 1.008 meter persegi yang berisi bebatuan peninggalan sejarah yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki makna peradaban. Bisa dikatakan jika Situs Gunung Padang merupakan situs megalitikum terbesar se-Asia Tenggara.

“Situs ini diperkirakan berasal sekitar 2.000 tahun sebelum masehi. Pemprov Jabar akan menjaga situs ini dan menjadikannya sebagai tujuan wisata,” jelasnya.

Untuk langkah pertama, lanjut Dede, pihaknya akan melakukan kerja sama strategis dengan beberapa instansi terkait sehingga mempermudah masyarakat mencapai akses Situs Gunung Padang. Namun tentu saja sambil melindungi kawasan sejarah tersebut dari aksi-aksi yang merusak.

“Situs ini sebagai cagar budaya sehingga harus kita proteksi. Saya tidak ingin terjadi aksi vandalisme. Mungkin ke depan akan membuat konsep selasar. Jadi areal itu tidak diinjak-injak, tetapi dilihat dari panggung-panggung. Karena bisa saja di bawah situs ada peninggalan sejarah yang lebih bernilai,” tegasnya.

Untuk mencapai Situs Gunung Padang, pengunjung harus mendaki 350 tangga batu curam dengan kemiringan mencapai 60-70 derajat. Jangan khawatir, kelelahan kita akan terbayar saat berada puncak.

Ahli arkeologi meyakini bahwa Gunung Padang merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Situs ini terletak sekitar 50 kilometer sebelah barat daya Cianjur dengan ketinggian 885 meter di atas permukaan laut. [jul](inil)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s