Portugal Bangkrut, Situasi Ekonomi Eropa Kritis Mencekam

Dana Moneter Internasional, Jumat mengkonfirmasikan bahwa Portugal telah meminta bantuan keuangan untuk memenuhi beban utang negara yang menghancurkan.

“Kami siap untuk bertindak cepat untuk permintaan ini dan melakukan pembicaraan secepatnya dengan pemerintah Portugal,” Direktur Pelaksana IMF Dominique Strauss-Kahn mengatakan dalam sebuah pernyataan.

IMF bergabung dengan Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam rencana menopang keuangan negara-negara Iberia (negara-negara di barat daya Eropa) yang sakit.

Sebelumnya pada Rabu, IMF mengatakan pihaknya siap berdiri untuk membantu Portugal, karena negara itu mengakui memerlukan bantuan dana dari Eropa untuk memenuhi setidaknya beberapa kewajiban utang. “Kami belum menerima permintaan bantuan keuangan,” kata juru bicara Dana Moneter Internasional. “Kami siap membantu Portugal.”

Portugal pada Rabu mengatakan telah memutuskan untuk meminta bantuan keuangan dari Uni Eropa untuk menyelesaikan masalah utang tersebut. Setelah menolak untuk tekanan berbulan-bulan dari pasar serta mitra Eropa, Perdana Menteri Portugal Jose Socrates yang mengundurkan diri dalam pidatonya di televisi membenarkan permintaan diperlukan setelah program penghematan barunya ditolak oleh parlemen.[](ant/afp/kps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s