Pemerintah UAE ajarkan Bahasa Persia kepada Tentaranya

ABU DHABI – Pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) kini melatih serdadunya berbicara bahasa Persia dalam upaya memperlancar hubungannya dengan Iran.

“UAE memiliki hubungan dengan Iran, secara hubungan historis, budaya, agama dan ekonomi. Para siswa harus tahu bahasa dan budaya,” kata Prof Gameel Hussein, Direktur Program Militer Universitas Abu Dhabi, Ahad (10/4).

Rektor Universitas Abu Dhabi Dr Nabil Ibrahim, mengatakan pengakuan tentang Iran di UAE sangat penting. “Persia adalah bahasa yang digunakan di negara terbesar di Teluk,” ujarnya, mengacu pada populasi Iran yang hampir 68 juta. “Ini sangat berguna bagi siswa untuk memahami lebih dari sekedar bahasa tetapi budaya juga.”

Hubungan Iran dan UAE kini agak tegang terkait dengan kedaulatan tiga pulau kecil yang terletak di Selat Hormuz yang strategis. Kedua negara mengklaim yurisdiksi atas pulau Abu Musa, Greater dan Lesser Tunbs.

Meskipun ketegangan terus-menerus terjadi karena pulau-pulau tersebut, Iran adalah salah satu mitra perdagangan terbesar UAE, dengan transaksi yang diperkirakan bernilai sekitar US $ 12.000.000 per tahun. UAE juga rumah bagi sekitar 500.000 ekspatriat Iran, yang sebagian besar tinggal di Dubai.

Musa Sharifi, seorang mantan peneliti Pusat Studi Arab & Iran di London, mengatakan percaya orang Arab sekarang berusaha untuk menciptakan suatu bentuk keseimbangan dalam hubungan dengan Iran. “Dunia Arab telah menyadari besarnya pengaruh yang dimiliki Iran di kawasan. Coba lihat, berapa banyak saluran televisi berbahasa Arab yang disiarkan dari Iran,” ujarnya.[](al-arabija/rep)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s