Wakapolri Nanan Akui Indonesia Negara Paling Korup di Dunia

Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna mengatakan walau upaya pemberantasan korupsi terus digalakkan, namun hal itu tidak begitu saja menghilangkan korupsi di Tanah Air. Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia pun mengakui indeks korupsi di Indonesia masih tinggi.

“Bahwa pada takaran global, negara kita masih dipersepsikan sebagai salah satu negara terkorup, sesuai dengan hasil survei dari Transparansi Internasional tentang indeks persepsi korupsi di mana Indonesia dalam posisi keempat dari 10 negara Asia Tenggara,” paparnya dalam acara pembukaan Lokakarya Manajemen Terpadu Penanganan Korupsi, di JCLEC, Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/4/2011).

Ia menambahkan upaya pemerintah memerangi tingkat kejahatan korupsi terus dilakukan, karena kejahatan ini merupakan kejahatan transnasional yang tengah diperangi oleh dunia. “Di antaranya dengan membangun kerja sama yang efektif antar lembaga negara dan instansi penegak hukum, dalam rangka memerangi tindak pidana korupsi di Tanah Air,” ujarnya.

Pandangan ini, lanjut Nanan, juga diperkuat dengan hasil penelitian dari Transparansi Internasional Indonesia pada 2010, yang memberikan nilai indeks persepsi 2,8. “Yang tidak jauh berbeda dengan hasil survai tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wakapolri mengungkapkan dunia telah menyatakan perang terhadap kejahatan korupsi sejak 2003 silam. Hal itu diwujudkan dalam beberapa konvensi persatuan bangsa-bangsa tentang antikorupsi.

Yaitu United Nation Convention Against Corruption dan United Nation Convention on Transnational Organized Control dan menetapkan hari antikorupsi sedunia pada 9 Desember. “Ada pun upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah dengan menunjukkan keinginan politik, dan komitmennya dalam konvensi antikorupsi dunia,” paparnya.(ian/oz/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s