Krisis Ekonomi,Demonstran Spanyol Memulai Pawai Terpanjang

Pengunjuk rasa Spanyol telah berangkat dari Barcelona, berbaris menuju ibukota, Madrid, pada perjalanan terakhir dan terpanjang mereka menentang pemotongan kesejahteraan pengangguran, dan korupsi.

Para demonstran, yang saat ini jumlahnya sekitar 50, berencana untuk kampanye di setiap kota ditengah perjalanan untuk mengumpulkan dukungan bagi pawai Madrid, yang diharapkan berlangsung pada 24 Juli, AFP melaporkan.

Negara ini telah menyaksikan demonstrasi non-stop anti-pemerintah sejak Mei 15.

“Pertama kita turun ke jalan, kemudian di lapangan, dan sekarang jalan raya,” kata Rafael de la Rubia, koordinator internasional dari gerakan Dunia Tanpa Perang, yang ada diantara demonstran.

“Setelah itu, kami akan menguasai Eropa,” tegasnya.

Spanyol sedang berjuang untuk pulih dari hampir dua tahun dari resesi yang dipicu sebagian besar oleh runtuhnya sektor real estate.

Tingkat pengangguran di negara itu dilaporkan telah melampaui 21 persen pada kuartal pertama tahun ini – tingkat tertinggi tercatat untuk pengangguran di dunia industri.

Saat ini, sekitar sembilan juta orang menderita kemiskinan di seluruh negeri.

Bulan lalu, Amnesty International memperingatkan bahwa ratusan ribu keluarga di Spanyol berada di risiko kehilangan rumah mereka.

Protes diharapkan untuk terus menjadi ketika Bank of Spanyol mengatakan kelumpuhan ekonomi kemungkinan akan membuat tingkat pemulihan yang lambat dan angka pengangguran tetap tinggi di masa mendatang. [IT/r]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s