Ternyata Berlian Indonesia Terbaik di Dunia

Komisaris Utama My Diamond Indonesia, Anisa Afzal mengungkapkan bahwa berlian dari Indonesia merupakan salah satu berlian terbaik di dunia dan saat ini sudah terkenal di dunia internasional.

“Berlian kita merupakan salah satu berlian terbaik di dunia dan sudah banyak penggemarnya saat ini khususnya di Eropa dan Asia,” ungkap Anisa kepada ANTARA, Minggu.

Dia menjelaskan, berlian dari Indonesia mempunyai keunggulan-keunggulan lain dibandingkan dengan berlian dari luar negeri seperti karatnya dan kebersihannya. Selain itu, banyak motif dan jenis berlian dari Indonesia yang tidak dimiliki oleh berlain lainnya.

Penghasil utama berlian di Indonesia berada di Martapura, Kalimantan. Dari sanalah berlian-berlian dihasilkan dan diekspor ke luar negeri.

“Berlian dari Indonesia bisa bersaing dengan berlian luar negeri dan saat ini banyak negara yang mengaku bahwa berlian dari Indonesia itu dihasilkan dari negaranya,” jelasnya.

Untuk itu saat ini pihaknya sedang membuat legalisasi agar berlian dari Indonesia diakui penuh oleh dunia dan tidak ada lagi negara-negara yang mengaku. Selain itu, pihaknya juga terus mempromosikan jenis berlian dari Indonesia di ajang internasional .

Ia mengungkapkan, Indonesia merupakan negara yang sangat konsumtif, sehingga banyak warganya yang pergi ke luar negeri untuk mencari perhiasan khususnya berlian tertipu oleh penjualnya di sana seperti banyak warga yang pergi ke Belanda untuk membeli berlian dengan harga yang sangat mahal.

Tetapi ternyata setelah diteliti bahwa berlian tersebut berasal dari Indonesia.”Contoh seperti ini sudah saya banyak temukan, seharusnya mereka berfikir pada saat akan membeli, seperti Belanda yang tidak punya hasil tambang,” ungkap Anisa.

Anisa menandaskan, untuk terus meningkatkan kualitas berlian dari Indonesia pihaknya saat ini sedang membuat alat cuting berlian yang menggunakan green laser untuk membersihkan berlian tersebut dari benda atau partikel yang menempel.

“Sebagian pengrajin berlian sudah ada yang memilikinya tetapi kebanyakan mereka masih menggunakan alat yang manual atau seadanya,” tandasnya.[]ant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s