‘Zona Euro Di Ambang Keruntuhan Ekonomi’

Miliarder George Soros mengatakan krisis utang Eropa telah membawa zona euro ke jurang “keruntuhan ekonomi” dan pasti beberapa anggotanya akan meninggalkan persatuan.

“Tidak ada pengaturan untuk setiap negara yang meninggalkan euro, yang dalam situasi saat ini mungkin tak terelakkan,” kata Soros di sebuah diskusi panel di Wina, Austria pada Minggu, menurut laporan Bloomberg.

Dia menambahkan, “Kita berada di ambang keruntuhan ekonomi yang dimulai dengan, katakanlah, di Yunani, tetapi dengan mudah bisa menyebar. Sistem keuangan masih sangat rentan..”

“Saya rasa kebanyakan dari kita benar-benar setuju bahwa krisis Eropa sebenarnya berpusat di sekitar euro,” tambah investor 80 tahun.

“Ini semacam krisis keuangan yang benar-benar berkembangk. Ini dapat diramalkan.. Kebanyakan orang menyadari itu. Ini masih berkembang. Pihak berwenang benar-benar terlibat dalam membeli waktu. Namun waktu melawan mereka,” katanya.

Komentar datang ketika politisi Yunani memperdebatkan suatu babak baru langkah-langkah penghematan terikat anggaran negara.

Pengambilan suara diharapkan pada Rabu tengah-tengah protes luas terhadap rencana untuk lebih memangkas sektor publik dan pajak yang terus meningkat.

Yunani adalah negara ke 12 yang mengadopsi mata uang bersama di tahun 2001, sementara Estonia adalah anggota terbaru dari wilayah euro, bergabung pada Januari 2011. [IT/r]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s