Akhir Kasus Nazar Tentukan Nasib Anas, Demokrat is Finish

Karir politik Anas Urbaningrum bersinar terang saat dalam usia muda telah memimpin Partai Demokrat. Namun kelanjutan karir Anas kini sepenuhnya ditentukan oleh akhir kasus Nazaruddin.

Pernyataan-pernyataan Nazaruddin membuat Anas terpojok. Anas selalu membantah adanya uang haram dalam Pemilihan Ketum Demokrat di Bandung, tapi Nazaruddin selalu menyerang dengan peluru baru. Inikah akhir politisi muda Demokrat ini?

“Tanpa lompatan besar, Anas akan tersisih. Kasus Nazaruddin ini akan terus dipelihara oleh lawan-lawan Partai Demokrat. Hal ini juga akan dipakai lawan Anas di internal Demokrat. Ini akan terus diungkit-ungkit,” ujar pengamat politik UGM Arie Sudjito kepada detikcom, Selasa (2/8/2011).

Arie menilai nasib Anas pun tergantung pada Nazaruddin. Semakin cepat Nazaruddin bisa dibawa pulang, diperiksa atau diadili, akan semakin cepat juga akhir nasib Anas terlihat. Jika terbukti nazaruddin hanya berbohong, maka Anas akan terbebas dari semua beban. Sebaliknya jika semua tuduhan Nazaruddin bisa dibuktikan, inilah akhir karir Anas.

“Untuk Anas agak berat,” jelas Arie.

Posisi Anas dipersulit adanya kubu-kubu saingannya di Demokrat. Ada kubu Andi Mallarangeng dan Kubu Marzuki Alie yang menjadi saingannya. Tentunya kasus Nazaruddin akan dijadikan senjata bagi mereka untuk mengalahkan Anas di pemilihan Ketua Umum Demokrat mendatang.

Jangan harap pula setelah kasus ini, Partai Demokrat akan memajukan Anas sebagai calon presiden tahun 2014. Padahal sebelumnya, posisi Anas cukup terbuka setelah SBY tidak mau mencalonkan diri lagi dan memastikan tidak akan memajukan Ani Yudhoyono.

“Anas harus segera melakukan rekonsiliasi, mengatasi hal ini sesegera mungkin, selagi dia masih mampu. Kalau tidak habis Anas,” tutup Arie.(yus/dtk/rima)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s